Segala yang Harus Anda Ketahui Tentang Kredit Perumahan

00.38 Egar Uang Teman 0 Comments



Rumah adalah kebutuhan primer bagi setiap orang sebagai tempat istirahat dan berlindung. Untuk itulah, urusan memilih dan membayar rumah adalah urusan yang sangat penting bagi banyak orang, apalagi pasangan yang baru saja menikah. Hati-hatilah, jangan sampai dalam ketergesaan memilih rumah, Anda mencari tempat yang kurang tepat, sekaligus salah dalam memilih kredit perumahan.

Pertama, cari lokasi dulu. Perumahan biasanya adalah pilihan bagus, lantaran Anda akan punya banyak tetangga dan akses mudah ke berbagai fasilitas. Ketika mencarinya, pertimbangkan ini:

beragam tips tentang kredit perumahan
Segala tentang kredit perumahan


·         Punya fasilitas lengkap
Tempat nyaman untuk keluarga, dan akses ke berbagai kemudahan yang disediakan. Anda bisa memilih perumahan dengan fasilitas taman, supermarket, kolam renang, bahkan rumah sakit.
·         Transportasi dan akses
Pilihlah perumahan yang memberikan Anda akses ke berbagai transportasi, demi menghemat bensin dan kemudahan mobilitas.
·         Reputasi pengembang
Iklan perumahan bisa menggoda, tetapi perhatikan dulu reputasi dari developer perumahan tersebut. Kadang ada pengembang yang lepas tangan ketika perumahan baru separuh jadi.

Lihat juga apakah pengembang telah menjalin kerjasama dengan bank, dan menyediakan fasilitas KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. KPR akan memudahkan Anda membeli rumah, karena tak perlu lagi menunggu sampai dana terkumpul. Sistem KPR punya keuntungan:

ü  Fleksibilitas mencicil rumah sampai 20 tahun.
ü  Bisa langsung tinggal di dalam rumah sebelum pembayarannya lunas.
ü  Ada tambahan fasilitas seperti asuransi jiwa dan kebakaran.
ü  Dapat sertifikat resmi pemilikan rumah, karena bank tak akan mau berurusan dengan rumah yang ilegal.

Sistem KPR ini sekarang adalah favorit masyarakat karenanya. Bank-bank pun berlomba menawarkan KPR, dan akan membuat Anda bingung jika tak hati-hati mencari penyedia yang terbaik. Untuk itu, lakukan tips berikut ini:

·         Reputasi bank-cari bank yang sudah lama berurusan dengan KPR, sehingga lebih bisa diandalkan. Pilih yang reputasinya bagus dan pelayanannya baik.
·         Jaringan luas-sangat penting kalau Anda tinggal cukup jauh dari pusat kota. Cabang bank yang punya divisi KPR akan memudahkan Anda membayar.
·         Batas kredit-berapa banyak pinjaman yang akan diberikan bank tersebut? Cukupkah bagi Anda untuk membeli rumah?
·         Aturan-cari tahu sistem dan aturan yang berlaku di bank tersebut. Apakah Anda sreg dengan aturannya?

Di saat memilih kreditperumahan, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan tentang KPR itu sendiri, seperti:

1.       Perbandingan angsuran
Bahkan di antara 2 bank yang menyediakan suku bunga dan pinjaman yang sama, angsurannya bisa beda karena beberapa faktor. Pilih yang sesuai kemampuan finansial Anda.
2.       Tahu jenis bunga
Di masa 2-3 tahun pertama, KPR biasanya memakai suku bunga tetap, sehingga besar angsuran akan selalu sama. Lebih dari itu, bunga floating yang berlaku, sehingga besar angsuran bisa berbeda. Awasi terus ini.
3.       Ada biaya KPR
Tidak hanya harus membayar angsuran, ada biaya lain yang harus dipikir seperti notaris, akta jual-beli, premi asuransi, biaya penilaian, dll.
4.       Melunasi sebelum waktunya ada penalti
Jika Anda ingin mempercepat pelunasan rumah, ada biaya penalti yang harus dibayar. Cari tahu dulu berapa besarnya.


Selain mengetahui semua hal di atas, pastikan juga Anda tahu apa saja syarat dan dokumen yang harus Anda serahkan dan lakukan sebelum mengajukan KPR. Dokumen yang disiapkan biasanya berupa identitas Anda, kemampuan finansial, dan dokumen legal lainnya. Siapkan juga uang muka untuk membayar rumah, sebesar 30% dari total harga rumah. 

0 komentar: